Hi quest ,  welcome  |

Pages

Perbedaan Tipe Data Char dan Varchar Pada SQL Server

Written By Agung Prasetiawan, on Thursday, February 21, 2013 | 10:33 PM

Pada SQL Server dikenal tipe data char dan varchar. Hal ini cukup banyak mengundang pertanyaan bagi para pemula yang sedang mempelajari SQL Server. Apa sih perbedaan diantara keduanya?

Silakan saja simak terus tulisan ini untuk mengetahui jawabannya.

Tipe data char adalah tipe data karakter yang panjangnya tetap (fixed-length). Ini artinya SQL Server akan mengalokasikan memori pada media penyimpanan untuk menyimpan tipe data ini sebesar ukuran maksimum yang kita minta. Contohnya deklarasi char(5) artinya SQL Server akan otomatis melakukan alokasi ukuran sebesar lima character pada media penyimpanan walaupun kita hanya mengisi data sebanyak tiga karakter misalnya.

Tipe data varchar adalah tipe data karakter yang panjangnya tidak tetap (variable-length). Ini berarti
SQL Server akan mengalokasikan memori pada media penyimpanan hanya sebesar atau sepanjang ukuran data aktual yang diisikan. Contohnya pada saat kita mendeklarasikan varchar(5) dan pada field tersebut kita isi 3 karakter maka pada media penyimpanan hanya akan dialokasikan sebesar 3 karakter saja.

Dari sini kita bisa menentukan kapan harus menggunakan tipe data char atau varchar. Tipe data char digunakan pada field atau data yang sifat panjangnya tetap, misalnya seperti kode barang, kode item, kode customer dan lain lain yang panjangnya tetap. Sebaliknya Anda bisa menggunakan varchar untuk data atau field yang sifat panjangnya tidak tetap misalnya nama, alamat, kota, deskripsi dan lain sebagainya. Jadi pilihlah tipe data yang tepat pada saat Anda membuat field-field pada database Anda.

Source : ilmukomputer.com
Author : Sony Arianto Kurniawan

0 comments:

Post a Comment